(Jl. Jambu Malawili Aimas Sorong Papua Barat)


Archives

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KEBUTUHAN CAIRAN PADA ANAK

KETERAMPILAN DASAR KLINIK (KDK 2)

KEBUTUHAN CAIRAN PADA ANAK

Disusun Sebagai Tugas Kelompok
Keterampilan Dasar Klinik Semester 2



DISUSUN OLEH:


                                                   1.      CARMELITA PATTY     13.006
                                                   2.      DEVI RIYATI                   13.008
                                                   3.      DWI M. PUTRI                 13.010
                                                   4.      FRENNY I. T. N.               13.014
                                                   5.      GREACELA S.                 13.016
                                                   6.      JULIANA URUS               13.019
                                                   7.      LEDY BOROH T.             13.022
                                                   8.      MIRA D. K. SUWITO      13.027
                                                   9.      NARTI                                13.028
                                                  10.  RIRIN A. S. POETRI        13.032
                                                  11.  RITA MALANIA S. M.     13.033
                                                  12.  RUFAIDAH                       13.034
                                                  13.  RUGAIA ALHAMID       13.035
                                                  14.  RUTH IRIANI M.             13.036
                                                  15.  WIRNA W. A. KONTA     13.044



KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN
SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN
POLTEKKES KEMENKES SORONG
PRODI D-IV KEBIDANAN
TAHUN 2014



KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat sehingga makalah yang berjudul “Pemenuhan Kebutuhan Cairan Pada Anak” dapat diselesaikan sesuai target yang ingin dicapai oleh penulis.
            Makalah ini dibuat untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai definisi,perhitungan, dan tindakan pemenuhan kebutuhan cairan pada anak. Selain itu, makalah ini juga dibuat untuk menambah wawasan bagi penulis.
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak W. Isir, B.Sc, S.Sos, MM selaku direktur.
2.      Ibu M. Wattimena, A.Kp, M.Kes selaku ketua jurusan kebidanan.
3.      Ibu Sunaeni, M.Keb selaku ketua program studi.
4.      Ibu Adriana Egam, S.ST selaku dosen wali.
5.      Ibu Bahra, S.ST selaku dosen pengampu.
6.      Seluruh pihak yang telah membantu, khususnya pada penyusunan makalah ini.
Semoga usaha pembuatan makalah yang telah dikerahkan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal dan bermanfaat bagi penulis maupun pembaca. Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kekurangan. Untuk itu, penulis mohon maaf, karena sesungguhnya kesempurnaan itu hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa.






Sorong, 24 Januari 2014
Penulis

Kelompok 2



DAFTAR ISI

Halaman Judul  ……………………………………………………………
Kata Pengantar  …………………………………………………………...
Daftar Isi  …………………………………………………………………
BAB I. PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang  …………………………………………...
B.        Rumusan Masalah  ………………………………………..
C.        Tujuan Penulisan  …………………………………………
D.       Manfaat Penulisan  ………………………………………..
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A. Konsep Kebutuhan Cairan dan Elektrolit …………………..
B. Jenis Cairan  ………………………………….......................
C. Rumus Berat Cairan Pada Anak  …………………………...
D. Gangguan dalam Pemenuhan Kebutuhan Cairan  ………….
E. Intake dan Output  ………………………………………….
F. Mengukur Intake dan Output  ………………………………
G. Kebutuhan Elektrolit  ……………………………………….
H. Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Cairan dan Elektrolit  …………………………………………………...
I. Penyebab Terjadinya Gangguan Keseimbangan pada Cairan Tubuh dan Elektrolit  ……………………………………….
J. Tindakan Untuk Mengatasi Masalah/Gangguan dalam Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan elektrolit  ……………...
K. Perhitungan Kebutuhan Cairan Pada Anak Menurut WHO ..
L. Menghitung Balance Cairan Pada Anak  …………………...
BAB III. PENUTUP
A.    Kesimpulan  ………………………………………………..
B.     Saran  ……………………………………………………....
Daftar Pustaka  ……………………………………………………………
i
ii
iii

1
1
2
2

3
4
5
6
7
9
10

10

12

13
16
16

18
18
iv


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Secara umum terapi cairan dan elektrolit bias secara enteral maupun parenteral. Dalam konteks perawatan anak sakit maka pembahasan terutama pada terapi secara parenteral, karena biasanya intake peroral sangat tidak memadai dan hal ini hampir rutin dikerjakan dalam sehari-hari di ruang perawatan anak.
Dalam keadaan sakit sering didapatkan gangguan metabolism termasuk metabolisme air dan elektrolit. Dikatakan bahwa perburukan maupun perbaikan keadaan klinis penderita berjalan parallel dengan perubahan-perubahan pada variable fisiologis. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak bukanlah miniature dewasa, sehingga terapi cairan dan elektrolit pada anak haruslah didasarkan pada prinsip-prinsip fisiologi sesuai tahapan tumbuh kembangnya dan patofisiologi terjadinya gangguan metabolism air dan elektrolit.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana konsep kebutuhan cairan dan elektrolit?
2.      Ada berapa saja jenis-jenis dari cairan?
3.      Bagaimana rumus menghitung kebutuhan cairan pada anak?
4.      Apa-apa saja gangguan dari pemenuhan kebutuhan cairan?
5.      Apa saja yang tergolong kedalam intake dan output cairan serta bagaimana rumus perhitungannya?
6.      Apa yang dimaksud dengan elektrolit?
7.      Faktor apa yang mempengaruhi kebutuhan cairan dan elektrolit?
8.      Apa-apa saja gangguan dari pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit?
9.      Bagaimana tindakan yang dapat dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui konsep kebutuhan cairan dan elektrolit
2.      Mengetahui jenis-jenis dari cairan
3.      Mengetahui rumus menghitung kebutuhan cairan pada anak
4.      Mengetahui gangguan dari pemenuhan kebutuhan cairan
5.      Mengetahui intake dan output cairan serta bagaimana rumus perhitungannya
6.      Memahami definisi dari elektrolit
7.      Mengetahui Faktor yang mempengaruhi kebutuhan cairan dan elektrolit
8.      Mengetahui gangguan dari pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit
9.      Memahami tindakan yang dapat dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit.

D.    Manfaat Penulisan
Makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat dengan pertimbangan sebagai berikut:
1.      Sebagai informasi mengenai kebutuhan cairan pada anak.
2.      Menjadi pembelajaran bagi penulis agar lebih baik dalam penulisan-penulisan berikutnya.












BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Konsep Kebutuhan Cairan dan Elektrolit
Keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh merupakan salah satu bagian dari fisiologi homeostatis. Keseimbangan cairan dan elektrolit melibatkan komposisi dan perpindahan berbagai cairan tubuh. Cairan tubuh adalah larutan yang terdiri dari air ( pelarut) dan zat tertentu (zat terlarut). Elektrolit adalah zat kimia yang menghasilkan partikel-partikel bermuatan listrik yang disebut ion jika berada dalam larutan. Keseimbangan cairan dan elektrolit berarti adanya distribusi yang normal dari air tubuh total dan elektrolit ke dalam seluruh bagian tubuh. Keseimbangan cairan dan elektrolit saling bergantung satu dengan yang lainnya.
Cairan tubuh dibagi dalam dua kelompok besar yaitu cairan intraseluler(CIS) dan cairan ekstraseluler (CES). Cairan intraseluler adalah cairan yang berda di dalam sel di seluruh tubuh, sedangkan cairan akstraseluler adalah cairan yang berada di luar sel dan terdiri dari tiga kelompok yaitu : cairan intravaskuler (plasma), cairan interstitial, dan cairan transeluler. Cairan intravaskuler (plasma) adalah cairan di dalam sistem vaskuler, cairan intersitial adalah cairan yang terletak diantara sel, sedangkan cairan traseluler adalah cairan sekresi khusus seperti cairan serebrospinal, cairan intraokuler, dan sekresi saluran cerna.
Perbandingan CIS dengan CES: Dewasa = 2:1; Anak-Anak = 3:2; Bayi = 1:1.
Pada tubuh terdapat hampir 90% dari total berat badan adalah cairan. Persentasi cairan tubuh manusia berbeda sesuai dengan usia. Persentasi cairan tubuh pada bayi sekitar 75%, anak 70%, pria dewasa 57%, wanita dewasa 55% dan dewasa tua 45% dari berat tubuh total. Persentasi yang bervariasi tersebut dipengaruhi oleh lemak dalam tubuh dan jenis kelamin.
Pengaturan kebutuhan cairan dan elektrolit dalam tubuh diatur oleh ginjal, kulit, paru-paru dan gastrointestinal.
1.      Ginjal
Ginjal merupakan organ yang memiliki peran cukup besar dalam pengaturan kebutuhan cairan dan elektrolit.
2.      Kulit
Kulit merupakan bagian penting dalam pengaturan cairan yang terkait dengan proses pengaturan panas.
3.      Paru-paru
Organ paru-paru berperan dalam pengeluaran cairan dengan menghasilkan insensible water loss ± 400ml/hari.
4.      Gastrointestinal
Gastrointestinal merupakan organ saluran pencernan yang berperan dalam mengeluarkan cairan melalui proses penyerapan dan pengeluaran air. Dalam keadaan normal, cairan yang hilang dalam sistem ini sekitar 100-200 ml/hari.
Selain itu, pengaturan keseimbangan cairan dapat melalui mekanisme rasa haus yang dikontrol oleh system endokrin (hormonal), yakni anti diuretic hormone (ADH), sistem aldosteron, prostaglandin, dan glukokortikoid.

B.     Jenis Cairan
1.      Cairan zat gizi (nutrien)
Pasien yang istirahat di tempat tidur memerlukan kalori 450 kalori setiap hari. Cairan nutrien dapat diberikan melalui intravena dalam bentuk karbohidrat, Nitrogen dan vitamin untuk metabolisme. Kalori yang terdapat dalam cairan nutrien dapat berkisar antara 200-1500 kalori perliter.
Cairan nutrien terdiri atas :
      Karbohidrat dan air
      Asam amino
      Lemak



Tabel 1. Kebutuhan Nutrien Air pada Anak
UMUR
BB ( Kg )
AIR TOTAL 24 Jam( ml )
NUTRIEN 24 Jam( ml )
1 Tahun
9,5
1350 – 1500
120 – 135
2  Tahun
11,8
1600 – 1800
115 – 125
4  Tahun
16,2
1800 – 2000
100 – 110
6   Tahun
20,0
2000 – 2500
90 – 100
10  Tahun
28,7
2200 – 2700
70 – 85
14  Tahun
45,0
2200 – 2700
50 – 60

2.       Blood volume expanders
Blood volume expanders merupakan jenis cairan yang berfungsi meningkatkan volume darah sesudah kehilangan darah atau plasma.

C.    Rumus Berat Cairan Pada Anak
Tabel 2.Kebutuhan air pada anak:
BERAT BADAN
KEBUTUHAN AIR/ HARI
1- 10 KG
100 ML/ KG BB
11- 20 KG
1000 ML + 50 ML / KG DIATAS BB 10 KG
>  20 KG
1500 ML + 20 ML / KG DIATAS BB 20 KG

Kebutuhan cairan pada tubuh data dihitung sebagai berikut:
·         Pada anak < 10 Kg , maka 10 Kg dihitung 100 ml/ BB. Missal BB 8 kg maka kebutuhan cairan adalah 8 x 100 = 800 ml/hari. 
·         Pada anak dengan BB 10 – 20 Kg, maka 1000 ml pada 10 kg pertama dan ditambah 50 ml per Kg penambahan berat badannya. Missal BB = 15 kg, maka 1000 ml ditambah 5 x 50 ml maka menjadi 1250 ml/ hari kebutuhan cairannya
·         Pada seorang dengan berat badan > 20 Kg maka rumusnya adalah 1500 ml pada 20 kg pertama dan ditambah 20 ml/Kg sisanya, misal seseorang dengan BB 40 Kg, maka 20 kg pertama adalah 1500 ml, sedangkan 20 kg sisanya x 20 ml = 400 ml sehingga kebutuhan cairan seseorang dengan berat 40 kg adalah 1500 + 400 ml = 1900 ml/hari
Contoh soal:
1.      Berapa kebutuhan cairan normal per hari untuk anak dengan berat 7 kg?
Diketahui: kebutuhan air/hari untuk BB 1-10 kg = 100 ml/kg BB
Jawab : 7 kg x 100 ml/kg = 700 ml/hari
2.      Berapa kebutuhan cairan normal per hari untuk anak dengan berat 12 kg?
Diketahui:
·         Kebutuhan air/hari untuk BB 11-20 kg = 1000 ml + 50 ml/ kg
·         12 kg = 10 kg + 2 kg = 1000 ml + 2 kg
Jawab : 1000 ml + (2 kg x 50 ml) = 1000 + 100 = 1100 ml/hari
3.      Berapa kebutuhan cairan normal per hari untuk anak dengan berat 50 kg?
Diketahui:
·         Kebutuhan air/hari untuk BB > 20 kg = 1500 ml + 10 ml/kg
·         50 kg = 20 kg + 30 kg = 1500 ml + 30 kg
Jawab: 1500 ml + (30 kg x 20 ml) = 1500 + 600 = 2100 ml/hari

D.    Gangguan dalam Pemenuhan Kebutuhan Cairan
1.      Hipovolume atau dehidrasi
Kekurangan cairan eksternal dapat terjadi karena penurunan asupan cairan dan kelebihan pengeluaran cairan.
Ada tiga macam kekurangan volume cairan eksternal atau dehidrasi, yaitu:
a.       Dehidrasi isotonic, terjadi jika kekurangan sejumlah cairan dan elektrolitnya yang seimbang.
b.      Dehidrasi hipertonik, terjadi jika kehilangan sejumlah air yang lebih banyak daripada elektrolitnya.
c.       Dehidrasi hipotonik, terjadi jika tubuh lebih banyak kehilangan elektrolitnya daripada air.
2.      Hipervolume atau overhidrasi
Terdapat dua manifestasi yang ditimbulkan akibat kelebihan cairan yaitu, hipervolume (peningkatan volume darah) dan edema (kelebihan cairan pada interstisial).


E.     Intake dan Out Put
1.      Intake Cairan
Tabel 3. Kebutuhan intake cairan berdasarkan umur dan berat badan
No.
Umur
BB (kg)
Kebutuhan Cairan (ml)
2.
1 tahun
9,5
1150 – 1300
3.
2 tahun
11,8
1350 – 1500
4.
6 tahun
20
1800 – 2000
5.
10 tahun
28,7
2000 – 2500
6.
14 tahun
45
2200 – 2700

Pengaturan utama intake cairan adalah melalui mekanisme haus. Pusat haus dikendalikan berada di otak sedangkan rangsangan haus berasal dari kondisi dehidrasi intraseluler, sekresi angiotensin II sebagai respon dari penurunan tekanan darah, perdarahan yang mengakibatkan penurunan volume darah. Perasaan kering di mulut biasanya terjadi bersama dengan sensasi haus walaupun kadang terjadi secara sendiri. Sensasi haus akan segera hilang setelah minum sebelum proses absorbsi oleh gastrointestinal.

2.      Output Cairan
Kehilangan cairan tubuh melalui empat rute (proses) yaitu :
a.       Urine
Proses pembentukan urine oleh ginjal dan ekskresi melalui traktus urinarius merupakan proses output cairan tubuh yang utama. Dalam kondisi normal output urine sekitar 1400-1500 ml per 24 jam, atau sekitar 30-50 ml per jam pada orang dewasa. Pada orang yang sehat kemungkinan produksi urine bervariasi dalam setiap harinya, bila aktivitas kelenjar keringat meningkat maka produksi urine akan menurun sebagai upaya tetap mempertahankan keseimbangan dalam tubuh.
b.       IWL (Insesible Water Loss)
IWL terjadi melalui paru-paru dan kulit. Melalui kulit dengan mekanisme diffusi. Pada orang dewasa normal kehilangan cairan tubuh melalui proses ini adalah berkisar 300-400 ml per hari, tetapi bila proses respirasi atau suhu tubuh meningkat maka IWL dapat meningkat. IWL Dewasa : 15 cc/kg BB/hari. Sedangkan IWL Anak : (30-usia{tahun}cc/kgBB/hari
Tabel 4. Besar IWL menurut usia.
Usia
Besar IWL (mg/kg BB/hari)
Baru lahir
Bayi
Anak-anak
Remaja
Dewasa
30
50-60
40
30
20

c.        Keringat
Berkeringat terjadi sebagai respon terhadap kondisi tubuh yang panas, respon ini berasal dari anterior hypotalamus, sedangkan impulsnya ditransfer melalui sumsum tulang belakang yang dirangsang oleh susunan syaraf simpatis pada kulit.
d.      Feses
Pengeluaran air melalui feses berkisar antara 100-200 ml per hari, yang diatur melalui mekanisme reabsorbsi di dalam mukosa usus besar (kolon).
Hal hal yang perlu di perhatikan:
1)      Rata-rata cairan per hari
a)      Air minum : 1500-2500 ml
b)      Air dari makanan :750 ml
c)      Air dari hasil oksidasi atau metabolisme :200 ml
2)      Rata- rata haluaran cairan per hari
a)      Urin : 1400 -1500 ml
b)      Iwl
c)      Paru : 350 -400 ml
d)     Kulit : 350 400 ml
e)      Keringat : 100 ml
f)       Feses : 100 -200 ml

F.     Mengukur Intake Dan Output
1.      Definisi
Merupakan suatu tindakan mengukur jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh (intake) dan mengukur jumlah cairan yang keluar dari tubuh (out put).
2.      Tujuan
Menentukan status keseimbangan cairan tubuh dan tingkat dehidrasi klien. 
3.      Prosedur
a.       Menentukan jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh klien, terdiri dari air minum, air dalam makanan, air hasil oksidasi (metabolisme), cairan intra vena.
b.      Menentukan jumlah cairan yang keluar dari tubuh klien, terdiri dari urine, keringat, feses, muntah, insensible water loss (IWL).
c.       Menentukan keseimbangan cairan tubuh klien dengan rumus : INTAKE = OUTPUT.
d.      Mendokumentasikan

G.    Kebutuhan Elektrolit
Elektrolit terdapat pada seluruh cairan tubuh. Cairan tubuh mengandung oksigen, nutrient, dan sisa metabolisme (seperti karbondioksida), yang semuanya disebut dengan ion.
1.      Komposisi elektrolit
Komposisi elektrolit dalam plasma sebagai berikut :
  Natrium                  : 135 – 145 m Eq/L
  Kalium                   : 3,5 - 5,3 m Eq/L
  Klorida                   : 100 – 106 m Eq/L
  Bikarbonat arteri    : 22 - 26 m Eq/L
  Bikarbonat vena     : 24 - 30 m Eq/L
  Kalsium                  : 4 – 5 m Eq/L
  Magnesium             : 1,5 - 2,5 m Eq/L
  Fosfat                     : 2,5 - 4,5 mg/100ml

2.      Jenis Cairan Elektrolit
Cairan elektrolit adalah cairan saline atau cairan yang memiliki sifat bertegangan tetap. Cairan saline terdir dari cairan isotonic, hipotonik, dan hipertonik.
Konsentrasi isotonic disebut juga normal saline yang banyak dipergunakan.

3.      Gangguan /Masalah Kebutuhan Elektrolit
a.       Hiponatremia, merupakan suatu keadaan kekurangan kadar natrium dalam plasma darah yang ditandai dengan adanya kadar natrium plasma yang kurang dari 135 mEq/L, mual, muntah dan diare.
b.      Hipernatremia, suatu keadaan dimana kadar natrium dalam plasma tinggi, yang ditandai dengan adanya mukosa kering, oliguria/anuria, turgor kulit buruk dan permukaan kulit membengkak, kulit kemerahan, lidah kering, dll.
c.       Hipokalemia, merupakan suatu keadaan kekurangan kadar kalium dalam darah. Hipokalemia ini dapat terjadi dengan sangat cepat. Sering terjadi pada pasien yang mengalami diare berkepanjangan.
d.      Hiperkalemia, merupakan suatu keadaan dimana kadar kalium dalam darah tinggi. Keadaan ini sering terjadi pada pasien luka bakar, penyakit ginjal, asidosis metabolik. Hiperkalemia dditandai dengan adanya mual, hiperaktifitas system pencernaan, dll.
e.       Hipokalsemia, merupakan kekurangan kadar kalsium dalam plasma darah. Hipokalsemia ditandai dengan adanya kram otot dan karam perut, kejang,bingung, dll.

H.    Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Cairan dan Elektrolit
1.      Usia
Asupan cairan individu bervariasi berdasarkan usia. Dalam hal ini, usia berpengaruh terhadap proporsi tubuh, luas ermukaan tubuh, kebutuhan metabolic, serta berat badan. Bayi dan anak di masa pertumbuhan memiliki proporsi cairan tubuh yang lebih besar dibandingkan orang dewasa. Karenanya, jumlah cairan yang diperlukan dan jumlah cairan yang hilang juga lebih besar dibandingkan orang dewasa. Besarnya kebutuhan cairan pada bayi dan anak-anak juga dipengaruhi oleh laju metabolic yang tinggi serta kondisi ginjal mereka yang belum matur dibandingkan ginjal orang dewasa. Kehilangan cairan dapat terjadi akibat pengeluaran cairan yang besar dari kulit dan pernapasan.
Tabel 3. Perkiraan kebutuhan cairan tubuh berdasarkan usia.
Usia
Berat badan (kg)
Kebutuhan (ml)/24 jam
3 hari
1 tahun
2 tahun
6 tahun
10 tahun
14 tahun
18 tahun
3,0
9,5
11,8
20,0
18,7
45,0
54,0
250-300
1150-1300
1350-1500
1800-2000
2000-2500
2200-2700
2200-2700

2.      Temperature yang tinggi
Temperature yang tinggi menyebabkan proses pengeluaran cairan melalui keringat cukup banyak, sehingga tubuh akan banyak kehilangan cairan.

3.      Diet
Apabila tubuh kekurangan zat gizi, maka tubuh akan memecah cadangan makanan yang tersimpan dalam tubuh sehingga terjadi penggerakan cairan dari interstisial ke interseluler, yang dapat berpengaruh pada jumlah pemenuhan kebutuhan cairan.

4.      Stress
Stress dapat memengaruhi pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit, melalui proses peningkatan produksi ADH karena pada proses ini dapat meningkatkan metabolisme sehingga mengakibatkan terjadinya glikolisis otot yang dapat menimbulkan retensi natrium dan air.

5.      Sakit.
Pada keadaan sakit terdapat banyak sel yang rusak, sehingga untuk memperbaikinya sel membutuhkan proses pemenuhan cairan yang cukup.

I.       Penyebab Terjadinya Gangguan Keseimbangan pada Cairan Tubuh dan Elektrolit
1.      Diare
Diare adalah frekwensi buang air besar dalam bentuk cairan lebih dari tiga kali, dalam satu hari .Biasanya berlangsung dua hari atau lebih, selain itu tinja atau feses penderita masih memiliki kandungan air berlebihan, kira – kira 200 gram.Diare merupakan keadaan yang paling sering menyebabkan kehilangan cairan dalam jumlah besar.Di seluruh dunia, 4 juta anak-anak meninggal setiap tahun karena dehidrasi akibat diare.

2.      Nefritis
Nefritis adalah kerusakan pada bagian glomerulusginjal akibat infeksi kuman umumnya bakteristreptococcus. Akibat nefritis ini seseorang akan menderita uremia atau edema. Uremia adalah masuknya kembali urine (C5H4N4O3) dan urea ke dalam pembuluh darah sedangkan edema adalah penimbunan air di kaki karena terganggunya reabsorpsi air.

3.      Anoreksia
Anoreksia nervosa(AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang.Karena kekurangan asupan makan inilah, tubuh mengalami kekurangan garam mineral yang berakibat terjadi ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh penderita.

4.      Gagal ginjal akut (GGA)
Gagal ginjal adalah keadaan dimana ginjal tidak dapat melakukan kerja sesuai dengan fungsinya. Berkaitan dengan keseimbangan cairan, dengan ketidakmampuan ginjal melakukan fungsinya maka keseimbangan cairan dalam darah tidak akan di filtrasi ataupun di reabsorbsi oleh ginjal sehingga cairan tersebut masih akan bercampur dalam darah.

5.      Gangguan pernafasan seperti kanker oesofagus
Pada kasus kanker oesofagus maka akan menganggu system pencernaan terutama proses penelanan makanan yang mengandung garam mineral dan air.

J.      Tindakan Untuk Mengatasi Masalah/Gangguan dalam Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan elektrolit
1.      Pemberian cairan melalui infuse
Pemberian cairan melalui infus merupakan tindakan memasukkan cairan melalui intravena yang dilakukan pada pasien dengan bantuan perangkat infuse. Tindakan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit, serta sebagai tindakan pengobatan dan pemberian makanan.
a.       Persiapan Bahan dan Alat :
  Standar infuse
  Perangkat infuse
  Cairan sesuai dengan kebutuhan pasien.
  Jarum infus/ abocath atau sejenisnya sesuai dengan ukuran
  Pengalas
  Tourniquet/pembendung
  Kapas alkohol 70%
  Plester
  Gunting
  Kasa steril
  Betadine
  Sarung tangan
b.      Prosedur Kerja :
  Cuci tangan
  Jelaskan pada pasien mengenai prosedur yang akan dilaksanakan.
  Hubungakan cairan dan perangkat infuse dengan menusukkan ke dalam botol infuse (cairan).
  Isi cairan ke dalam perangkat infuse dengan menekan bagian ruang tetesan hingga ruangan tetesan terisi sebagian, kemudian buka penutup hingga selang terisi dan keluar udaranya.
  Letakkan pengalas
  Lakukan pembendungan dengan tourniquet.
  Gunakan sarung tangan
  Desinfeksi daerah yang akan ditusuk.
  Lakukan penusukan dengan arah jarum ke atas.
  Cek apakah sudah mengenai vena dengan ciri darah keluar melalui jarum infus/abocath.
  Tarik jarum infus dan hubungkan dengan selang infus.
  Buka tetesan.
  Lakukan desinfeksi dengan betadineÅ’ dan tutup dengan kasa steril.
  Beri tanggal dan jam pelaksanaan infuse pada plester.
  Catat respons yang terjadi.
  Cuci tangan
c.       Cara menghitung tetesan infuse untuk anak:

Tetesan per menit (mikro)=(Jumlah cairan yang masuk)/(Lamanya infus (jam) )

Contoh: seorang pasien anak memerlukan rehidrasi dengan 250 ml infuse dalam waktu 2 jam, maka tetesan permenit adalah:
Jumlah tetesan/menit =250/2=125 tetes mikro/menit.

2.      Transfusi Darah
Transfusi darah merupakan tindakan memasukkan darah melalui vena dengan menggunakan seperangkat alat transfusi pada pasien yang membutuhkan darah. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan darah dan memperbaiki perfusi jaringan.
a.       Persiapan Alat dan Bahan :
1)      Standar infuse
2)      Perangkat transfuse
3)      NaCl 0,9%
4)      Darah sesuai dengan kebutuhan pasien
5)      Jarum infus/abocath atau sejenisnya sesuai dengan ukuran
6)      Pengalas
7)      Tourniquet/pembendung
8)      Kapas alcohol 70%
9)      Plester
10)  Gunting
11)  Kasa steril
12)  Betadine
13)  Sarung tangan
b.      Prosedur Kerja :
o  Cuci tangan
o  Jelaskan pada pasien mengenai proosedur yang akan dilakukan.
o  Hubungkan cairan NaCl 0,9% dan seperangkat transfuse dengan menusukkannya.
o  Isi cairan NaCl 0,9% ke dalam perangkat transfusi dengan menekan bagian ruang tetesan hingga ruangan tetesan terisi sebagian. Kemudian buka penutup, hingga selang terisi dan udaranya keluar.
o  Letakkan pengalas.
o  Lakukan pembendungan dengan tourniquet.
o  Gunakan sarung tangan
o  Desinfeksi daerah yang akan disuntik
o  Lakukan penusukan dengan arah jarum ke atas.
o  Cek apakah sudah mengenai vena dengan ciri darah keluar melalui jarum infus/abocath.
o  Tarik jarum infus dan hubungkan dengan selang tranfusi.
o  Buka tetesan.
o  Lakukan desinfeksi dengan betadineÅ’ dan tutup dengan kasa steril.
o  Beri tanggal dan jam pelaksanaan infuse pada plester.
o  Setelah NaCl 0,9% masuk sekitar ± 15 menit, ganti dengan darah yang sudah disiapkan.
o  Darah sebelum dimasukkan, terlebih dahulu cek warna darah, identitas pasien, jenis golongan darah dan tanggal kadaluwarsa.
o  Lakukan observasi tanda-tanda vital selama pemakaian transfusi.
o  Catat respons yang terjadi.
o  Cuci tangan

K.    Perhitungan Kebutuhan Cairan Pada Anak Menurut WHO
1.       < 2 tahun
System 24 jam
4 jam I : 5 tts / KgBB / menit
20 jam II : 3 tts / KgBB / menit

2.      > 2 tahun
System 8 jam
1 jam I : 10 tts / KgBB / menit
7 jam II : 3 tts / KgBB / menit

3.      PEM
System 24 jam
1 jam I : 7 tts / KgBB / menit
13 jam II : 1½ tts / KgBB / menit

L.     Menghitung Balance Cairan Pada Anak
Menghitung Balance cairan anak tergantung tahap umur,  untuk menentukan Air Metabolisme, menurut Iwasa M, Kogoshi S dalam Fluid Tehrapy Bunko do (1995) dari PT. Otsuka Indonesia yaitu:
Usia Balita (1 – 3 tahun)      : 8 cc/kgBB/hari
Usia 5 – 7 tahun                    : 8 – 8,5 cc/kgBB/hari
Usia 7 – 11 tahun                  : 6 – 7 cc/kgBB/hari
Usia 12 – 14 tahun               : 5 – 6 cc/kgBB/hari

Untuk IWL (Insensible Water Loss) pada anak = (30 – usia anak dalam tahun) x cc/kgBB/hari
 Jika anak mengompol menghitung urine 0,5 cc – 1 cc/kgBB/hari

CONTOH :
An X (3 tahun) BB 14 Kg, dirawata hari ke dua dengan DBD, keluhan pasien menurut ibunya: “rewel, tidak nafsu makan; malas minum, badannya masih hangat; gusinya tadi malam berdarah” Berdasarkan pemeriksaan fisik didapat data: Keadaan umum terlihat lemah, kesadaran composmentis, TTV: HR 100 x/menit; T 37,3 °C;  petechie di kedua tungkai kaki, Makan /24 jam hanya 6 sendok makan, Minum/24 jam 1000 cc; muntah /24 jam 100 cc; BAK/24 jam : 1000 cc, mendapat Infus Asering 1000 cc/24 jam. Hasil pemeriksaan lab Tr terakhir: 50.000. Hitunglah balance cairan anak ini!
Input cairan:  Minum     : 1000 cc            
                          Infus        : 1000 cc                                       
                           AM         :   112 cc    +     (8 cc x 14 kg)                          
                             ————————-
                                             2112 cc

  Out put cairan:   Muntah       :   100 cc
                                 Urin           : 1000 cc
                                 IWL           :   378 cc   +    (30-3 tahun) x 14 kg
                           —————————–
                                                   1478 cc
Balance cairan = Intake cairan – Output Cairam
                                2112 cc – 1478 cc
                                + 634 cc  

Sekarang hitung balance cairannya jika suhu An x 39,8 °C  !
Penghitungan IWL pada kenaikan suhu gunakan rumus: 
IWL + 200 ( Suhu Tinggi – 36,8  °C)      Ã 36,8 °C adalah konstanta.
IWL An X  = 378 + 200 (39,8 °C – 36,8  °C)
                       378 + 200 (3)
                       378 + 600
                       978 cc
Maka output cairan An X =   Muntah       :   100 cc
                                                     Urin            : 1000 cc
                                                     IWL             :   978 cc   +
                                                      ————————-
                                                                             2078 cc
Jadi Balance cairannya = 2112 cc – 2078 cc = 34 cc.
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Penderita anak sering mengalami gangguan homeostasis, termasuk homeostasis air dan elektrolit. Perbaikan maupun perburukan keadaan klinis berjalan parallel dengan perubahan-perubahan pada variable fisiologis.
Total cairan tubuh dapat diperkirakan dari berat badan. Kebutuhan rumatan air dan elektrolit tergantung pada banyaknya air yang keluar melalui urine, feses, dan insensible losses. Jumlah total air dan elektrolit dalam tubuh merupakan hasil dari pengaturan keseimbangan antara intake dan output.
Penatalaksanaan cairan dan elektrolit pada penderita anak didasarkan pada prinsip-prinsip fisiologi. Meskipun demikian ini tidaklah sama halnya dengan membuat normal semua variable fisiologis, tetapi harus mempertimbangkandasar penyebab gangguannya. Kegagalan dalam melakukan ini dapat mengakibatkan harm kepada penderita.

B.     SARAN
Kebutuhan cairan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu kita sebagai manusia harus selalu bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Jika terdapat ketidakseimbangan dalam cairan dan  elektrolit di dalam tubuh akan berakibat pada terganggunya semua sistem yang berkerja karena ketidakseimbangan ini akan langsung mengganggu kerja sel yang merupakan penyusun terkecil dari jaringan. Penjagaan keseimbangan cairan dalam tubuh ini bisa dimulai dengan minum air putih 18 gelas sehari. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.






DAFTAR PUSTAKA

Lorin, Martin I. _____. Kumpulan Soal-soal Pediatri. Jakarta: EGC.
Prawirohardjo, Sarwono. 2009. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Tamsuri, Anas. _____. Klien Gangguan Keseimbangan Cairan dan Elektrolit. Jakarta: EGC.
Uliyah,Musrifatul. 2008. Keterampilan Dasar Kebidanan Praktik Klinik. Jakarta: Salemba Medika.
_____________. _____. Terapi Inravena. Jakarta: EGC.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

nurdiyanto mengatakan...

Boleh download ga? Kalo blh ksh link nya ya di nurichue@gmail.com

Posting Komentar